L-citruline, Semangka dan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi yang sering dikenal dengan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sering ditemukan. Menurut data tahun 2002, 28,6% penduduk US menderita hipertensi dan angka ini terus meningkat setiap tahun. Semangka ditemukan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan L-citrulline pada semangka secara efisien dapat diubah menjadi L-arginine yang merupakan prekursor nitric oxide (NO) yang memiliki efek vasodilatasi pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Suatu studi awal dengan disain crossover, acak, dengan kontrol-plasebo oleh Figueroa,A. dkk. pada 4 pria dan 5 wanita umur 54 + 3 tahun yang menderita prehipertensi (134/77 + 5/3 mmHg) diberikan plasebo atau suplemen semangka (L-Citrulline/L-arginine, 2,7 g/1,3 g/hari) selama 6 minggu, diikuti 4 minggu periode tanpa pemberian L-citruline dan selanjutnya dilakukan cross-over. Figueroa dkk. menemukan adanya efek penurunan tekanan darah yang bermakna pada pemberian semangka dibandingkan plasebo pada tekanan darah lengan atas (-8+3 mmHg, p<0,05). Disamping itu, ditemukan juga perbaikan aliran darah aorta secara bermakna. Studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension, tahun 2010, baru-baru ini.

Meskipun studi ini adalah studi awal dengan jumlah subyek yang kecil, namun mampu memberikan bukti bahwa konsumsi semangka dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Masih diharapkan adanya studi dengan sampel yang lebih besar dan metode yang baik untuk menguatkan hasil yang ditemukan pada studi ini.

Comments