Google Melansir Catatan Medis Personal berbasis web

Raksasa internet Google secara resmi melansir portal kesehatannya pertengahan Mei 2008, dimana setiap anggota masyarakat untuk menjaga catatan kesehatan pribadinya di dalam akun berbasis web yang aman.

Beralamat di google.com/health, portal ini membolehkan pengguna tidak hanya menyimpan informasi medis mereka, tapi juga menggunakan fitur-fitur mesin pencari google untuk menemukan dan mengelola informasi kesehatan berkaitan dengan kondisi mereka.

Catatan Google Health Anda membolehkan Anda untuk memasukkan informasi tentang obat, diagnosis, hasil tes dan penanganan Anda di dalam akun pribadi. Ada juga sistem pengingat otomatis yang memantau aktivitas pencarian Anda sehingga Anda dapat meilhat data terbaru suatu obat. Google mengingatkan Anda jika obat mempunyai kontraindikasi dengan obat yang telah ada di dalam catatan Anda.

Pertama-tama, fasilitas ini tampaknya membingungkan : siapa yang menghabiskan waktu kencari informasi medis mereka ? Tapi mungkin fitur yang paling menyolok dari layanan baru ini adalah terbukanya alur informasi diantara perantara kunci medis dalam kehidupan Anda : dokter Anda, Apoteker Anda, siapapun yang Anda pilih untuk berpartisipasi dalam menyumbang ptofil medik Anda.

Namun demikian, skenario ideal ini belum terjadi karena banyak organisasi kesehatan belum pada sistem ini.

Layanan terbaru Google sudah mendekati sejumlah penyedia jasa yang menawarkan catatan medis personal. Contohnya, WebMD menawarkan Health Manager, sebuah layanan yang bertujuan mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola informasi kesehatan personal dengan mudah; membagikannya dengan penyedia kesehatan terkemuka dan memaksimalkan manfaat kesehatan Anda.

Microsoft melansir Microsoft HealthVault, sebuah layanan yang juga membolehkan Anda menyimpan dan berbagi informasi kesehatan online dan seperti sistem Google, untuk mencari secara cerdas informasi yang berkaitan dengan kejadian-kejadian khusus Anda. Fitur terbaru Microsoft menawarkan kemampuan untuk menggunakan perlengkapan 'plug and play' yang memuat informasi ke dalam pengelola informasi kesehatan Anda, misalnya bacaan mengenai diabetes dan jantung.

Penyedia-penyedia layanan pioner mengantisipasi ekspansi raksasa permintaan orang-orang yang ingin mengelola catatan kesehatan pribadi mereka dan berharap dapat menemukan informasi kesehatan online dan menggali perlengkapan manajemen informasi berbasis web yang meningkat.

Sistem Google Health menawarkan layanan kunci berikut :


  • Membangun profil kesehatan Anda secara online : memasukkan informasi tentang kondisi kesehatan Anda, obat-obatan, alergi dan hasil lab.
  • Mengimpor catatan : dari penyedia layanan kesehtan yang berpartisipasi seperti rumah sakit dan apotek.
  • Meneliti topik-topik kesehatan : contohnya penyakit dan kondisi serta potensi interaksi pengobatan.
  • Pencarian dokter dan rumah sakit : mencari website dokter, mandapat arahan dan bahkan menyimpan detil kontak ke dalam daftar kontak medis sendiri.
  • Menghubungkan kepada layanan kesehatan online : pencarian direktori penyedia jasa yang telah berhubungan dengan Google Health

Yang manjadi sorotan baru-baru ini oleh ahli keamanan online adalah mengenai privasi. Walaupun wakil presiden Google Marissa Meyer telah mengatakan pada pers bahwa data Google Health disimpan di dalam server paling aman, banyak orang masih gugup tentang menyimpan data kesehatan personal secara online, dimana banyak merebak cerita mengenai sistem password tidak aman dan pemalsuan identitas.

source: Kalbe.co.id

Comments