Rambut dan Kulit Kepala


Kesehatan kulit kepala dan rambut memerlukan perhatian yang seksama. Rambut merupakan bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari, debu dan polusi.

Sering kali kita lalai untuk memperhatikan dan merawat kesehatan dan kebersihan kulit kepala. Ini dapat mengakibatkan permasalahan pada 'mahkota' kita.

Akar rambut yang sehat akan membuat rambut kita sehat. Karena itu kulit kepala dimana akar menempel harus sehat. Kulit kepala yang kotor, serta produksi minyak yang berlebihan, plus debu dan polusi dari udara, menyebabkan kulit kepala menjadi sarang pertumbuhan mikroorganisme. Mengakibatkan rasa gatal bahkan reaksi inflamasi. Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah menumpuknya kotoran pada kulit kepala hingga pori-pori tertutup.

Masalah kulit kepala
Ketombe (dandruff) itu kata yang paling sering muncul. Ketombe membuat rambut dan kulit kepala Anda nampak kotor dan tidak enak dipandang.
Ketombe terjadi karena pengelupasan kulit mati berlebihan. Untuk kondisi normal, pengelupasan jumlahnya sedikit dan tidak terlihat.

Psoriasis, penyakit dimana kulit kepala mudah untuk mengelupas. Bisa terjadi dalam beberapa hari hingga 2 minggu. Sedangkan kondisi normal, kulit kepala akan mengelupas dalam waktu 1 bulan.

Seborrheic Dermatis juga menyebabkan ketombe. Ini adalah penyakit kulit yang menyerang daerah yang mengandung banyak kelenjar minyak.

Ketombe bukan hal sepele, harus diobati. Penanganan ketombe cukup sulit. Bila dibiarkan ketombe dapat menyebabkan kerontokan dan kebotakan.


Kebotakan
Kesehatan akar rambut perlu diperhatikan juga. Pada dasarnya, setiap hari rambut mengalami kerontokan. Untuk ukuran normal berkisar 50 lembar. Jika kerontokan melebihi 50, perlu diwaspadai, karena berpotensi menyebabkan kebotakan.

Kebotakan umum terjadi pada pria dibanding wanita. Selain karena faktor genetik, pada pria, kebotakan dapat terjadi karena hormon dihidrotestosteron. Sedangkan pada wanita selain karena hormon dihidrotestosteron, dapat terjadi pada masa menopause, kehamilan, demam tinggi dan operasi.

Faktor lain penyebab kerontokan, penyakit kronis jamur dan bakteri pada kulit kepala. Obat-obatan, misalnya kemoterapi dan proses kimiawi pada rambut yang berlebihan tanpa disertai perawatan.


Berikut penyebab timbulnya ketombe
  • Kelenjar minyak, aktivitas kelenjar minyak yang meningkat.
  • Mikroorganisme, meningkatnya kosentrasi pityrusporum ovale.
  • Zat yang merangsang kulit kepala, Zat yang menempel seperti sabun, shampo, minyak rambut serta obat-obatan dapat merangsang mikroorganisme tumbuh.
  • Hormon, hormon yang memacu aktivitas kelenjar minyak, hormon androgen.
  • Kurang mineral, biasanya kekurangan mineral zinc.

Comments