Serat untuk hindari Wasir

Sulit BAB (buang air besar), salah satu pertanda wasir. Pemilihan bahan makanan yang tepat dapat mencegah wasir.

Wasir atau ambeien adalah terjadinya pelebaran pembuluh darah balik (vena) di daerah anus sehingga terjadi tekanan pada pembuluh darah di sekitar daerah tersebut. Mengakibatkan pembuluh darah sekitar anus kurang elastis hingga aliran darah terhambat dan membesar.

Penderita wasir bisa mengalami pelebaran pembuluh darah, robek, berdarah dan meradang. Keluhan yang sering terjadi adalah berdarah saat BAB, atau hanya timbul benjolan saat BAB. Sering timbul rasa perih, panas, sakit, gatal dan tidak nyaman. Benjolan ada yang bisa kembali masuk ada pula yang tidak bisa. Saat tidak kembali, BAB akan mengalami kesulitan, tekanan dibawah perut yang membesar, menyebabkan pembuluh darah makin melebar.

Penyebab wasir beragam, faktor keturunan dan gaya hidup sangat dominan mempengaruhi. Jarang berolah raga memperbesar potensi wasir. Pemilihan makanan juga mempengaruhi wasir. Makanan kurang serat akan memicu sulit BAB. Disarankan untuk mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan minum air untuk memperlancar BAB.

Ada empat stadium wasir:
Stadium I, wasir didalam dubur.
Stadium II, saat BAB wasir keluar dan bisa masuk sendiri.
Stadium III, wasir keluar sendiri dan bisa masuk sendiri.
Stadium IV, wasir diluar terus.

Wasir pada stadium awal masih bisa disembuhkan dengan obat-obatan minum, atau obat luar pada wasir, atau perubahan gaya hidup. Wasir sudah parah harus menjalani operasi.


sumber sindo

Comments