Suplemen Zinc: Mengatasi Diare

Suplemen zinc mengurangi kejadian diare di antara pengguna narkoba dengan HIV. Hal ini dikatakan oleh para peneliti dalam International AIDS Conference (IAC).

Diare secara terus-menerus mempengaruhi sebagian besar pasien dengan HIV/AIDS, mengakibatkan kelainan penyerapan, kehilangan berat badan dan penurunan ketahanan hidup, Dr. A. N Campa dari Florida International University, Miami, AS dan rekan menyatakannya dalam presentasi poster.

Dalam uji coba mereka, tim Dr. Campa meneliti secara acak 231 pengguna narkoba yang HIV-positif yang didiagnosis kekurangan zat zink, untuk menerima suplemen zat zink atau plasebo, 62,3% di antaranya memakai terapi antiretroviral (ART). Laki-laki menerima 15 mg sementara perempuan menerima 12 mg per hari selama satu tahun.

Pemberian suplemen mengurangi kejadian diare sebanyak separuhnya, Dr. Campa dan rekan menemukan. Secara khusus, prevalensi diare adalah 14,1% pada penerima suplemen zat zink dan 29,3% pada pasien kelompok kontrol.

Suplemen zat zink memberi manfaat yang bermakna bahkan setelah memperhitungkan faktor pembaur misalnya ART, viral load dan jumlah CD4, para peneliti menambahkan.

Pemberian suplemen zat zink adalah terapi tambahan yang aman dan efektif untuk diare terkait HIV, Dr. Campa dan rekan menyimpulkan.

Comments